PERAN DAN FUNGSI MAHASISWA DI ERA MILLENIAL - Kumis Kandel

Latest

Sunday 26 August 2018

PERAN DAN FUNGSI MAHASISWA DI ERA MILLENIAL


PERAN DAN FUNGSI MAHASISWA DI ERA MILLENIAL

Mahasiswa adalah sebutan bagi seseorang yang sedang menempuh pendidikan tinggi disebuah perguruan tinggi. Sejarahnya mahasiswa banyak mengambil peran penting dalam sejarah suatu negara seperti halnya di indonesia mahasiswa berperan besar atas peristiwa reformasi tahun 1998. Namun di era millenial saat ini dimana perkembangan teknologi sangat pesat, Mahasiswa cenderung  mengalami kemunduran dalam berbagai aspek. mahasiswa saat ini lebih memilih menyibukan diri dalam kehidupan materialistik, terjangkit virus hedonisme dan pola pikir yang cenderung praktis adalah gambaran mahasiswa saat ini. Ditambah dengan berkembangnya teknologi saat ini, mahasiswa terjangkit kemalasan baik dalam membaca buku, menulis serta berdiskusi secara ilmiah dan kritis tentu jika kedepan gambaran mahasiswa masih seperti ini maka tidak akan lama peran mahasiswa dalam sejarah akan hilang eksistensinya dan akan berdempak besar pada peradaban bangsa kedepan.
Pada Era millenial generasinya sangat mahir dalam teknologi dan mendapatkan kemudahan mendapatkan informasi. Dengan sarana tersebut seharusnya mahasiswa saat ini bisa mengambil peran dan menjalankan fungsinya sebagai mahasiswa secara lebih baik, Dibandingkan dengan mahasiswa generasi sebelumnya. Namun keadaan mahasiswa saat ini dari berbagai statistik menunjukan bahwa mahasiswa cenderung lebih apatis terhadap keadaan sosial baik politik maupun ekonomi tidak sesuai dengan perananan dan fungsinya sebagai mahasiswa.
Mahasiswa memeliki peran dan fungsinya sebagai berikut,

1.     Agent Of change
Gelar ini bukan gelar yang diberikan begitu saja akan teetapi gelar ini diberikan dengan harapan mahasiswa dapat mengubah berbagai aspek kehidupan menjadi lebih baik. Karena mahasiswa telah menjadi tumpuan ’Kebangkitan’ untuk bangsa yang lebih maju.

2.    Guardian of value
Mahasiswa dipercaya dapat berperan menjaga nilai-nilai dan norma-norma postif yang ada dimasyarakat, Nilai positif yang dapat membawa peradaban negara ini lebih maju.

3.    Moral force
Mahasiswa dijadikan sebagai acuan dasar dalam tingkah laku, perkataan, cara berpakaian, cara bersikap dan sebagainya yang berhubungan dengan moral yang baik.

4.    Social control
Mahasiswa dipercaya sebagai pengontrol sosial. Mengkritisi  berbagai aspek sosial yang tidak sesuai dengan kehidupan dimasayarakat.

5.    Iron Stock
Mahasiswa diharapkan mampu menjadi pribadi yang tangguh memiliki kemampuan serta moralitas yang baik, sehingga nantinya menjadi pengganti generasi sebelumnya (Regenerasi). Mahasiswa menjadi aset harapan bangsa untuk kedepannya.

6.    Kontrol Politik
Mahasiswa menjadi pengawas serta partispan dalam kegiatan perpolitikan nasional baik dalam pengambilan keputusan dan lain sebagainya.

7.    Menyampaikan aspirasi masyarakat
Mahasiswa diharakan dapat menyampaikan realita yang terjadi dimasyarakat beserta solusinya kepada pemerintah.

Mahasiswa di era ini seharusnya mampu lebih bijak menggunakan teknologi yang ada terutama menggunakan media sosial karena media sosial merupakan media yang dapat dilihat dan diakses banyak orang. Media sosial ini mirip dengan politik, tergantung bagaimana kita menggunakannya. Kita bisa berguna dan bertambah pintar apabila menggunakan media sosial dengan benar, tapi kita juga bisa menjadi penyebar hoax dan menjadi bodoh apabila kita menggunakan media sosial dengan tidak benar. Sebagai mahasiswa di era millenial, mahasiswa dapat menjalankan fungsi dan peranan sebagai mahasiswa mulai dari hal yang sederhana salah satunya adalah melalui ‘Media Sosial’ menyebarkan informasi dan melakukan sosialisasi sesuai dengan peranan dan fungsinya sebagai mahasiswa bisa juga melalui media sosial.

Mahasiswa di era ini harus mampu beradaptasi dengan cepat, belajar dan menjadi lebih baik dengan cepat serta dapat memecahkan setiap masalah yang ada karena menurut Badan Pusat Statistik (https://www.bps.go.id/statictable/2015/09/14/1839/jumlah-perguruan-tinggi-mahasiswa-dan-tenaga-edukatif-negeri-dan-swasta-di-bawah-kementrian-pendidikan-dan-kebudayaan-menurut-provinsi-2013-2014-2014-2015.html)
Jumlah mahasiswa saat ini ada sekitar 5.839.557 sedangkan generasi millenial saat ini ada pada angka 32% dari jumlah total populasi di indonesia. Oleh karena itu sebagai mahasiswa di era millenial ini diharapkan dapat menjalankan peranan dan fungsinya dengan baik dan menjaga eksistensinya sebagai sang ‘maha’. Dengan berbagai sarana yang ada, mahasiswa di era millenial diharapkan menjadi penerus bangsa yang lebih baik dan menggapai ‘Indonesia Emas 2045’ karena jumlahnya yang besar memliki pengaruh pula yang ‘besar’.

Ini hanya berdasarkan opini pribadi. 


2 comments: